27 January 2008

Menjaga Efektivitas (Refleksi Diri dari Tulisan Ilma)

Membaca tulisan Ilma tentang Menjaga Efektivitas, pas sekali menyentuh keseharian Saya. Anda juga tentunya. Rasanya memang lebih mudah untuk memulai segala sesuatu, apalagi ketika Kita sedang memiliki semangat dan minat yang besar. Namun beriring waktu, tidak jarang semangat semakin kendur dan minat semakin surut. Di sini efektifitas terluruh hingga akhirnya hilang, bila ia tak dijaga.
Dalam pengaktualisasian diri, konsentrasi saya terbagi menjadi beberapa bagian. Kehidupan profesional, organisasi, dan hobby (Ilma).
Aktualisasi diri, menurut Saya, adalah fitrah setiap manusia. Pada praktiknya, bagaimana cara untuk mengaktualisasikan diri. Jalur apa yang dipilih, mengapa ingin berada pada jalur itu dan apa konsekuensinya. Seringkali sukar untuk menentukan ke mana akan menuju, apalagi bila melihat dunia yang berubah cepat. Kadangkala semua hal terlihat menarik, kadangkala semua hal terlihat menakutkan. Dari mana pun sisi pandang yang diambil, pilihan harus tetap dibulatkan. Dari sini lah mulai beranjak, satu per satu langkah, menghadapi jalan lurus mulus atau jalan berliku berbatu. Sampai sekarang, jujur dikatakan, bahwa Saya juga terkadang gamang memilih ke arah mana harus menuju. Banyak harapan, penuh bisikan, sarat godaan; Meski demikian Saya harus tetap memilih dan bersiap menghadapi konsekuensinya.

Ketika tekad sudah ditetapkan, saatnya untuk beraksi. Mengumpulkan segenap informasi, membuka cakrawala dengan bebas. Mulai lah berkonsentrasi untuk tetap fokus. Ingat fokus, bukan berpikiran sempit. Pernah Saya salah kaprah memaknai maksud dari fokus. Sebelumnya Saya beranggapan bahwa fokus ialah mencurahkan segenap kemampuan pada suatu titik. Ternyata fokus lebih dari itu. Untuk fokus Kita tidak hanya harus terpusat pada satu titik, namun harus pula melihat seluruh gambaran besar agar Kita tahu di mana fokus Kita. Konsentrasi adalah kunci dari fokus. Dengan konsentrasi Kita tetap terjaga untuk selalu sadar arah yang dituju.
Saya bukan orang yang mudah berkonsentrasi (Ilma).
Rasanya memang seperti itu lah kebanyakan dari kondisi Saya. Barangkali ini juga dialami banyak orang, tidak hanya Ilma dan Saya. Beberapa tips dari Ilma, menurut Saya memang merupakan solusi praktis untuk menuntun Kita agar tetap sadar berkonsentrasi, sehingga pada akhirnya dapat menjaga efektivitas. Inilah beberapa hal yang patut menjadi perhatian agar efektivitas tetap terjaga (Ilma).
  • Lihatlah apa yang bisa dilakukan dan tepati jadwal
  • Perhatikan kesehatan dan kebugaran
  • Jangan bengong dan jangan lelet
  • Selesaikan apa yang kamu mulai
  • Pertahankan pikiran dan sikap positif
  • Banyak-banyak bergaul dan menjalin networking
Terimakasih untuk Ilma atas tulisannya yang menggugah...

No comments:

Post a Comment