08 January 2009

Rekam Medis: Riwayatmu Nanti...

Di akhir tahun 2008 terbit sebuah buku yang wajib dibaca oleh praktisi kesehatan, khususnya praktisi manajemen informasi kesehatan, juga oleh mahasiswa dan pendidik dari institusi terkait. Buku ini intinya mencoba menggambarkan bahwa sedang terjadi transisi pemikiran paradigma rekam medis. Paradigma konsep tradisional 'rekam medis' bertransformasi menjadi paradigma baru, bernama manajemen informasi kesehatan (MIK). Dahsyat!

Revolusi teknologi informasi dan komunikasi adalah biang dari transformasi tersebut. Semua perubahan paradigma ini tidak dapat lepas dari World Summit on the Information Society di Jenewa tahun 2003 silam. Pertemuan tersebut menegaskan bahwa pada tahun 2015 seluruh pusat kesehatan serta rumahsakit sudah terhubung dengan teknologi informasi dan komunikasi.

Buku yang diberi judul Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan ini disusun oleh sederet pakar, dengan editor Gemala Hatta. Gemala Hatta sendiri adalah jaminan dengan nama besar yang sudah malang-melintang di jagad manajemen informasi kesehatan. Dengan tebal xxviii+430 halaman; 26x38 cm; bisa dibayangkan betapa banyaknya kandungan informasi yang tersimpan dalam buku ini.

Disusun dalam lima bagian, yang terdiri dari 16 bab, buku ini memulai Bagian I dengan membahas Sistem Kesehatan Nasional. Bagian ini terasa berat bagi Saya, yang memang kurang berminat berkutat dengan topik Sistem Kesehatan Nasional. Apalagi ketika Saya baru saja mulai panas membaca Bab I, penjelasannya terasa menggantung. Tanpa basa-basi tiba-tiba penulis menyudahi tulisannya dengan daftar pustaka.

Bagian II menjelaskan dasar teknologi informasi kesehatan. Bagian ini cukup menarik karena sedikit banyak berisi sejarah teknologi informasi kesehatan. Saya sendiri baru tahu bahwa ternyata teknologi informasi kesehatan telah hadir di dunia ini sejak zaman dahulu kala. Jauh sebelum kelahiran nenek moyang Saya.

Bagian III berisi pembahasan tentang statistik. Cukup penting, tapi penjelasannya memang terlalu singkat. Barangkali karena memang buku ini adalah buku yang mencoba menjelaskan tentang MIK, bukan buku statistik. Lumayan untuk mereview beberapa konsep statistik. Bagian ini juga penting untuk menyadarkan bahwa sebenarnya tidak diperlukan keahlian statistik yang canggih untuk mengolah data rekam medis menjadi informasi kesehatan yang berguna dan mudah dipahami. Percaya?

Penjelasan Bagian IV tentang sistem dan teknologi informasi kesehatan. Bagian ini tidak cukup aplikatif untuk diterapkan, walaupun disampaikan secara teknis. Sekali lagi, ini buku MIK, bukan buku teknologi informasi. Jadi mohon maklum....

Buku ditutup dengan Bagian V yang bercerita tentang organisasi kesehatan. Hampir seperti Bagian I, Saya kurang tertarik membaca bagian ini karena memang kurang menyentuh minat Saya.

Oke, secara keseluruhan buku ini pantas dibaca untuk menambah wawasan. Editornya sendiri mengakui bahwa buku ini tidak mampu menjangkau luasnya pembahasan MIK. Akan tetapi, percaya saja ya... membaca buku ini akan membawa wawasan Anda maju selangkah karena memang banyak hal yang cukup inovatif disampaikan dalam buku ini.

Selamat membaca! Karya anak bangsa... jangan beli bajakan Oke

No comments:

Post a Comment