01 November 2008

Pelatihan di Nias dan Aceh

Alhamdulillah...
Agenda pekan kemarin cukup padat. Memberikan Pelatihan Analisis Data dan Pengembangan Buletin Berbasis Web serta SMS center di dua tempat, Banda Aceh dan Nias. Pelatihan di Banda Aceh berlangsung di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala tanggal 23-24 Oktober, sedangkan pelatihan di Nias dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Nias tanggal 28-29 Oktober.

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu dinas kesehatan membuat buletin epidemiologi. Buletin ini memanfaatkan data yang dianalisis dari kegiatan surveilans. Selanjutnya buletin ini akan dipublikasi melalui situs web. Menurut Pak Lutfan, diseminasi informasi melalui situs web merupakan salah satu implementasi dari e-government, yakni dinas kesehatan sebagai instansi pemerintah diharapkan bisa membagikan informasinya kepada masyarakat luas dan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Desain buletin memanfaatkan software Open Office. Open Office dipilih karena selain free of charge, juga karena pada software ini terdapat fasilitas untuk mengkonversikan file *.doc ke format *.pdf. Cara menggunakan open office juga sangat mirip dengan aplikasi sejenis yang sudah dikenal luas, yakni Microsoft Office. Pelatihan analisa data memanfaatkan software Epi Info. Penjelasan tentang software Epi Info ini bisa dibaca pada tulisan Saya sebelumnya (Bisa Apa dengan Epi Info?). Pembuatan situs web menggunakan CMS (Content Management System) WordPress. Aplikasi ini selain gratis, juga relatif mudah digunakan. Lihat saja hasil karya peserta pelatihan di website Dinas Kesehatan Kabupeten Nias atau di website surveilans Dinas Kesehatan Propinsi NAD. Hanya perlu sedikit stimulus agar peserta mencuatkan kreativitasnya melalui blog. Beberapa staf di Dinkes NAD bahkan telah membuat blog pribadi. Sayangnya Saya lupa mencatat alamat-alamat blog mereka.

Suasana Pelatihan di Dinkes Kabupaten Nias

No comments:

Post a Comment