03 July 2008

Ketika Bermasalah dengan Komputer

Artikel ini merupakan jawaban singkat atas kendala-kendala yang secara umum dihadapi mahasiswa S2 KMPK ketika menggunakan komputer beserta aplikasinya. Cakupan uraian mulai dari instalasi program, AntiVirus, akses internet, sampai dengan mencetak file.

Instalasi Program

Sebagian besar software yang digunakan di lingkungan IKM berjalan pada Sistem Operasi Windows, terutama Windows XP. Di atas sistem operasi ini berjalan program-program aplikasi seperti Microsoft Office (Ms Word, Ms Excel, Ms PowerPoint, Ms Access), Microsoft Visio, Microsoft Project, Photoshop, Epi Info, dan berbagai program aplikasi lainnya. Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menginstall suatu software ialah spesifikasi komputer yang digunakan dan installer dari program aplikasi tersebut. Pada umumnya suatu program aplikasi mencantumkan informasi kebutuhan minimal spesifikasi komputer agar aplikasi tersebut dapat berjalan dengan normal. Kebutuhan minimal ini biasanya dalam kebutuhan RAM dan ruang yang tersedia dalam hardisk. Anda selanjutnya perlu pula memperhatikan installer program aplikasi, bagaimana cara mendapatkannya dan apakah merupakan software yang bebas digunakan atau membutuhkan lisensi khusus.

Bila Anda telah memiliki installer suatu software dan spesifikasi komputer yang Anda miliki cukup untuk menjalankan software, berarti Anda dapat langsung menginstall software tersebut. Tahapan instalasi untuk setiap software dapat dikatakan sama. Biasanya dalam setiap paket installer telah tersedia suatu file bernama SETUP.EXE. Anda dapat menginstall software dengan menjalankan file tersebut. Caranya ialah dengan double click file dan ikuti petunjuk-petunjuk yang disajikan oleh file installer langkah demi langkah. Tahapan instalasi akan selesai setelah muncul pesan FINISH atau semacamnya.

Akses Internet

Bila saat ini Anda menggunakan laptop keluaran terbaru, hampir dipastikan bahwa Anda sudah memiliki perangkat Wireless Network untuk dapat terhubung dengan internet di area Hotspot. Hotspot merupakan tempat yang menyediakan akses internet, biasanya terdapat di tempat-tempat umum seperti bandara, kafe dan mall. Kampus Kedokteran UGM sendiri telah menyediakan Hotspot yang tersebar hampir di seluruh area. Beberapa titik yang biasa digunakan oleh Mahasiswa KMPK ialah di Lobi Gedung IKM, ruang kelas dan Perpustakaan FK UGM.

Anda dapat mengakses hotspot secara bebas pada beberapa tempat, terutama di tempat-tempat umum. Akan tetapi, untuk dapat mengakses internet pada Hotspot di area Kampus FK UGM Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Caranya ialah sebagai berikut.
  1. Bawa laptop Anda ke Ruang Data Perpustakaan Kedokteran lt. II. Layanan dibuka hari Senin-Kamis pkl. 10-13 WIB.
  2. Siapkan fotokopi bukti diri sebagai civitas akademika Fakultas Kedokteran UGM (bisa berupa KTM atau kartu perpustakaan).

Virus

Virus merupakan ancaman yang harus selalu Anda waspadai, untuk menjamin data Anda dari kerusakan. Agar selamat menghadapi ancaman ini, komputer Anda memerlukan pelindung berupa AntiVirus. Beberapa AntiVirus yang dapat Anda gunakan ialah AVGFree, AntiVir, Norton, dan McAffe. Perhatian utama yang harus diberikan berkenaan dengan aplikasi AntiVirus ini ialah update database. Tidak ada gunanya Anda menginstal berbagai AntiVirus, namun tidak pernah mamperbaharui databasenya. Saat ini setiap hari muncul ribuan virus baru yang siap menginfeksi komputer Anda. Update-lah database Antivirus secara teratur, minimal tiga hari sekali, lebih baik setiap hari. Untuk keamanan data dan kompatibilitas program, Anda cukup menginstal satu AntiVirus, misalnya AVGFree saja atau AntiVir saja, namun rutin memperbaharui databasenya.

Teknik memperbaharui database Antivirus setidaknya dapat diakukan dengan dua cara. Pertama, dengan mendownload langsung file database AntiVirus melalui situs provider layanan, misalnya http://free.grisoft.com/doc/update/us/frt/0 untuk AVGFree. Kedua, dengan menggunakan software AntiVirus itu sendiri. Pada software Antivirus, jalankan perintah untuk mendownload database AntiVirus.

Mencetak File

Kami menyediakan fasilitas bagi mahasiswa untuk mencetak file. Printer telah disediakan di ruang perpustakaan Magister KMPK. Di sini terdapat enam buah PC yang dihubungkan dalam LAN sehingga Anda dapat menggunakan PC yang mana saja untuk mencetak file. Sebagai ganti biaya kertas dan perawatan alat, Kami membebankan kepada mahasiswa ongkos cetak Rp 1000,- per lembar.

Bantuan Asisten

Anda yang memiliki keinginan khusus, misalnya dalam layout file, update AntiVirus, atau instalasi software, dapat mendatangi Ruang Asisten Magister KMPK. Di sini Anda akan dibantu mendesain, mengedit file, memperbaharui database AntiVirus, maupun menginstall software. Fasilitas ini disediakan secara terbatas, dalam artian Asisten Magister KMPK tidak menyediakan waktu khusus untuk membantu mahasiswa. Mereka dapat dihubungi untuk membantu mahasiswa pada waktu-waktu istirahat (pkl 12-13 WIB) atau di waktu lain ketika tidak sedang mengerjakan tugas rutinnya. Layanan ini dikenai biaya sesuai dengan tingkat kesulitan dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permintaan mahasiswa.

No comments:

Post a Comment